Pengetahuan

Simulasi MikroTik pada GNS3

Sebelumnya saya telah mencoba membuat tutorial yang sama pada Simulasi MikroTik pada GNS3, namun pada artikel tersebut saya menjelaskan dari awal dimana mulai dari membuat Image MikroTik. Sebenarnya kita tidak perlu membuat image karena MikroTik telah menyediakan image yang dinamakan dengan Cloud Hosted Router.

Cloud Hosted Router atau yang biasa disingkat CHR merupakan image khusus yang disediakan oleh MikroTik khusus untuk mesin virtual seperti VirtualBox, VMWare, Hyper-V, Amazon Web Services, dan lainnya. Kita bisa berkunjung ke www.mikrotik.com/download untuk mendapatkannya. Ketika mengunduhnya, karena kita akan meggunakan untuk GNS dengan Qemu maka pilih yang RAW Disk Image.

Setelah Image didapatkan selanjutnya tinggal melakukan import pada GNS 3, caranya sama seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Kita mulai dari ke menu Edit > Preferences lalu pilih Qemu VMs => New => Berikan nama VM nya, sebagai contoh adalah MikroTik Baru.

Terus tentukan RAM, kalau dari situs resmi nya langsung sih disuruh minimal 128 MB

Lalu dibagian ini tinggal arahkan deh ke lokasi image MikroTik tersebut berada. Sebagai catatan saja ketika download image itu masih berbentuk .zip jadi tolong di ekstrak kulit manggis zip nya

Kalau sudah selesai yaa kita tinggal mengubah category nya menjadi router dengan klik edit. Kalau ingin menambahkan jumlah interface silahkan pilih tab Network dan tambahkan deh jumlah ethernetnya.

Dan akhirnya MikroTik bisa dicoba pada GNS3, silahkan ngoprek sepuasnya yaa ?

Topik

Related Articles

Close