Cerita

SMK Wikrama 1 Garut yang serba alami

Sekolah adalah sebuah tempat belajar dimana seorang siswa menghabiskan hari-harinya di sekolah. Saya sendiri ketika bersekolah dari SD selalu pulang ketika sore hari. Apalagi ketika SMK, saya minimal sampai rumah jam 8 malam. Pernah sih sore hari sekitar jam 6, tapi itu jarang sekali dan biasanya kalau ada momen tertentu saja. Nah karena seorang siswa menghabiskan waktunya di sekolah maka sebuah sekolah harus membuat siswanya nyaman dan inilah yang dilakukan oleh SMK Wikrama 1 Garut.

SMK Wikrama 1 Garut adalah sebuah sekolah yang terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, Garut. Kalau mau ke lokasi ini tidaklah sulit terutama teman-teman yang berasal dari Jabodatebek, karena cukup naik bis saja jurusan Garut dan pasti bis tersebut melintas di sekolah ini. Kalau sudah memasuki Garut coba mulai pakai Google Maps saja dan cari SMK Wikrama 1 Garut. Bisa juga sih naik kereta namun dari stasiun yang terdekat (Cibatu) membutuhkan waktu lagi sekitar 40 menit menggunakan ojeg dan biaya ojegnya lumayan yaitu Rp 50.000,-. Ketika sampai di wilayah sekolah ini sebenarnya sekolahnya tidak terlalu kelihatan karena berada di belakang Garut Souvenir Center.

Kebetulan dari tanggal 31 Juli sampai 2 Agustus saya melakukan kunjungan ke sini sebagai pembicara untuk memberikan pencerahan kepada adik-adik tentang jurusan Teknik Komputer dan Jaringan serta bagaimana cara berinternet yang baik dan elegan ?. Sebenarnya ini salah satu misi juga sih sebagai DUTA .ID dari PANDI, saya wajib sosialisasi gitu deh. Untuk foto nya lihat di bawah ini, oh yaa kalau kalian lebih detil lihat bahwa dinding (mungkin jendela) yang ada terbuat dari anyaman, dan ketika kondisi agak panas dia bisa dibuka. Khas sunda pisan euy ?.

Sosialisasi di SMK Wikrama 1 Garut
saat sedang presentasi dan saat sedang tahan nafas untuk waktu yang lumayan lama

Pandangan pertama terhadap sekolah ini jelas keren, untuk teman-teman yang hobi mencari spot foto bagus di instagram ini tempat yang sangat rekomendasi. Ketika saya di sana saja ada beberapa pemuda yang lagi pemotretan foto dan pemgambilan video untuk kebutuhan usaha mereka (fotografer). Memang hal ini diperbolehkan juga oleh tim sekolah yang penting tidak menganggu aktivitas siswa.

SMK Wikrama 1 Garut yang alami

Sekolah ini jelas alami, secara lokasi juga sudah menang banget. Lokasinya berada dekat dengan gunung guntur sehingga ketika kita berada di lapangan kita bisa melihat langsung gunung guntur. Selain itu lapangan olahraga sekolah ini dikeliling oleh sungai buatan yang oleh mereka dijadikan sebagai tempat budidaya ikan, eits tapi bukan ikan lele loh yaa ?. Sekedar informasi saja bahwa ikan di sini banyak diberikah oleh dinas perikanan kecamatan tarogong kaler, karena SMK Wikrama 1 Garut sedang mengikut lomba sekolah sehat. Kebetulan ketika di sana ikan-ikannya baru dilepasin lagi.

Selain dimanjakan oleh kondisi ikan-ikan ? kita juga bakalan dimanjakan oleh tumbuhan yang tertanam di setiap sudut sekolah ini. Mulai dari tabulampot, tanaman hias kecil di ruangan, dan tanaman yang dibuat layaknya taman. Hal yang paling spesial adalah hampir setengah dari bagian sekolah ini dibuat sebagai kebun yang benar-benar kebun alami. Di sini ditanam berbagai tanaman yang bisa dijual dan pengelolanya adalah warga sekitar sekolahan, sehingga bisa membantu warga sekitar juga. Oh yaa sistemnya bagi hasil loh yaa antara sekolahan dengan petani yang berasal dari warga ?.

Ke sekolah ini adalah kegiatan yang cukup bagus baik saya, selain bisa berbagi tentang pengalaman dan kemampuan yang saya miliki saya juga mendapatkan pengalaman yang baru. Saya jadi tahu bagaimana konsep sekolah bernuansa alami yang akhirnya saya rasakan secara langsung, bukan dari foto atau cerita orang.  Saya juga belajar bagaimana menyampaikan sesuatu kepada siswa/i yang dari masyarakat Sunda. Ini bukan rasis, tetapi memang ada cara khusus untuk menjadi seorang pembicara yang baik pada setiap lokasi. Dan satu lagi saya dapat 1 kardus berisi makanan khas dari Garut dan tentu ada DODOL di antara makanan tersebut.

Salah satu foto yang menurut saya bagus, abaikan orang yang berada di foto yaa :p

Related Articles

Close