Cerita

Ubuntu Release Party 2016 by FUI

Hari ini bagi gua adalaah momentum menyenangkan karena untuk pertama kalinya gue ikut kegiatan Ubuntu Release Party. Tahun sebelumnya pengen ikutan cuman yaa karena di Jepara jadi belum memungkinkan untuk ikut. Acara ini sebagai momentum karena telah diluncurkannya Ubuntu 16.04 Xenial Xerus. Acara ini diselenggarakan oleh Forum Ubuntu Indonesia dan bertempat di KEMKOMINFO.

Awal pendaftaran agak minder karena bingung kalo gak ada temen berangkat, eh ternyata pada hari H gua berangkat dari kontrakan bersama Erwin & Trio serta 2 anak dari SMK Telkom Purwekerto yaitu Zufar & Rahmat yang nginep di kontrakan gua demi ikut acara ini *keren ?. Di lokasi kegiatan gua ketemu juga dengan temen-temen alumni SMK Wikrama Kota Bogor dan temen-temen komunitas yang kenal lainnya?

Pengisi seminar dan materi yang dibawakan dalam kegiatan ini cukup keren loh, biar agak gampang gua bikin list ajah yaaa

  • Peluang usaha dari Open Source, Teddy Sukardi
  • OpenStack Mitaka di Ubuntu Xenial, Utian Ayuba
  • Bantu Ubuntu: Desktop dan Server?, Rahmat M Samik Ibrahim
  • GrombyangOS Project, Niko Tidar Lantang P
  • Potensi pemanfaatan open source untuk TNI, Kol. Ir. Rifki Indrakusuma, M.Sc
  • Open Source di Pemilu 2014, Harry Sufehmi

Oh yaa sebelum para pengisi seminar action acara dibuka oleh Mr. Gary Dean selaku Founder Forum Ubuntu Indonesia ^_^ Pada sesi seminar sendiri gua coba nanya tentang Sistem Monitoring pada saat Pemilu 2014 ke pak Harry Sufehmi & Contoh aplikasi OpenSource yang digunakan oleh TNI ke pak Rifki ?

Selain seminar pada Ubuntu Release Party ini jika diadakan juga Lokakarya dengan pembicara

  • Customizing GNOME Desktop, Kukuh Syafaat
  • Internet of things dengan Arduino dan Cubieboard, Kurniadi
  • Opensource, Git dan GIthub, Adam Ramadhan

Cuman sayangnya Pak Kurniadi tidak bisa hadir jadi lokakarya Internet of things dengan Arduino dan Cubieboard diganti oleh Niko Tidar Lantang yang membahas GrombyangOS melanjutkan sesi seminar. Untuk acara lokakarya gua sendiri ada di kelasnya mas Adam Ramadhan yang banyak membahas tentang gigit & hub (baca : HAP)

Bagi gua acara ini termasuk hebat yang sudah bisa kelihatan dari pendaftaran, sekitar H-7 pendaftaran sudah ditutup dan dibuka lagi H-3 karena ada beberapa peserta yang tidak melakukan konfirmasi. Selain itu gedung nya juga lumayan enak, gua sempet ngerasain juga duduk di kursi enak pas sesi Loka Karya?. Harapan gua semoga Ubuntu Release Party selanjutnya bisa ikutan lagi dan semoga acaranya lebih menarik lagi. Kalau bisa gua sebagai pemateri *JustKidding* ?

Related Articles

Close